Loading...
You are here:  Home  >  Ekonomi  >  Artikel ini

Mulai 1 Juli, Bayar Pajak Wajib Secara Online Lewat e-Billing



   /  @ 20:00:42  /  9 Juni 2016

    Print       Email

f-pajak

MuriaNewsCom, Jepara – Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Jepara mengumumkan bahwa mulai 1 Juli 2016 nanti, pembayaran pajak dilakukan secara online melalui e-Billing. Sehingga system pembayaran pajak yang berbasis manual atau hard copy yang selama ini dilayani di sejumlah tempat akan berakhir sebelum tanggal tersebut.

Kepala KPP Pratama Jepara Endaryono menjelaskan, sebetulnya aturan penggunaan e-Billing tersebut sudah lama. Hanya saja untuk mengakomodir peralihan cara pembayaran pajak dari sistem manual ke online masih terus dilayani secara manual sampai tanggal 30 Juni 2016.

“Pemberlakuan sistem e-Billing ini merupakan wujud peningkatan layanan bagi wajib pajak, dengan maksud memberikan kemudahan, kenyamanan dan keamanan dalam membayar pajak,” ujar Endaryono kepada MuriaNewsCom, Kamis (9/6/2016).

Lebih lanjut ia menerangkan, secara spesifik, manfaat dari e-Billing adalah memudahkan wajib pajak melakukan pembayaran pajak; Pembayaran dapat dilakukan kapanpun (24 jam online) dan di manapun. Selain itu, juga menghindari terjadinya kesalahan transaksi seperti transaksi unmatched, dan transaksi terjadi secara real-time sehingga data langsung tercatat di sistem Ditjen Pajak.

“Untuk dapat menggunakan sistem e-Billing, Wajib Pajak perlu melakukan pendaftaran terlebih dahulu, bisa di teller bank, bisa melalui Kring Pajak 1500200, SMS id billing, maupun di website dengan memasukkan nomor NPWP dan alamat email,” jelasnya.

Selanjutnya, wajib pajak tidak lagi menggunakan formulir setoran pajak melainkan mengisi data setoran pajak. Apabila data pembayaran pajak sudah benar, kemudian diterbitkan kode billing. Kode billing ini digunakan untuk melakukan pembayaran di teller bank/pos persepsi, ATM reguler, Mini ATM, atau internet banking.

Transaksi pembayaran pajak yang sukses akan menerima Bukti Penerimaan Negara yang kedudukannya disamakan dengan Surat Setoran Pajak. Informasi lebih lanjut terkait dengan pemberlakuan sistem pembayaran pajak secara online dapat menghubungi Kring Pajak 1500200 atau KPP Pratama Jepara.

“Yang penting juga diketahui bahwa dengan membayar pajak lewat e-Billing tersebut, dananya langsung sampai di pusat. Tidak dipisahkan antara administrasi dengan biaya pembayarannya, tetapi langsung ke pusat,” imbuhnya.

Editor : Kholistiono

 

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Jelang Libur Akhir Tahun, Pantai Kartini Siapkan Personel Tambahan

Selengkapnya →