Loading...
You are here:  Home  >  Ekonomi  >  Artikel ini

Ini Tangapan Pemkab Jepara Soal Ratusan Buruh Kayu Barecore yang Dirumahkan



   /  @ 15:45:13  /  9 Juni 2016

    Print       Email
Yoso Suwarno, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Jepara (MuriaNewsCom/Wahyu Khoiruz Zaman)

Yoso Suwarno, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Jepara (MuriaNewsCom/Wahyu Khoiruz Zaman)

   MuriaNewsCom, Jepara – Ratusan buruh perusahaan pengolahan kayu setengah jadi atau barecore di Kabupaten Jepara terpaksa dirumahkan akibat lesunya permintaan dari luar negeri. Menanggapi hal itu,  Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Jepara Yoso Suwarno mengatakan, pihaknya masih mendata jumlah pekerja yang terkena imbas lesunya ekspor kayu barecore.”Kami masih perlu data pasti dan valid mengenai hal itu. Nantinya tentu saja akan jadi bahan evaluasi untuk menentukan kebijakan-kebijakan lain,” ujar Yoso Suwarno, Kamis (9/6/2016).

Menurutnya, pihaknya juga mulai memetakan peluang lain seperti diversifikasi produk yang bisa digarap pengusaha barecore agar bisa tetap eksis dan tak terus menerus merumahkan pekerjanya. Langkah lainnya yakni memfasilitasi munculnya  pasar ekspor baru produk barecore.”Kita jajaki dulu negara mana saja yang pangsa pasarnya terbuka. Jadi  tak hanya mengandalkan Cina atau Taiwan saja,” katanya.

Seperti diberitakan, lesunya ekspor pengolahan kayu setengah jadi untuk produk furnitur maupun dinding ramah lingkungan mulai dirasakan kalangan perusahaan di Kabupaten Jepara. Sejumlah pabrik kayu barecore mulai merumahkan sebagian pekerjanya seiring terbatasnya permintaan dari pasar Taiwan dan Cina.

Pelaku usaha mebel dan furnitur, Andang W Triyanto mengatakan, pabrik kayu barecore di Jepara berkisar antara 15 – 20 unit yang tersebar di sejumlah kecamatan seperti Tahunan, Bangsri, Mlonggo, Batealit dan Kalinyamatan.Menurut Andang, saat ini tercatat sudah ada lima perusahaan yang menutup pabriknya atau tidak beroperasi seiring lesunya ekspor kayu barecore ke Taiwan dan Cina.

Editor : Kholistiono

 

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Letkol Andri Serahkan “Mahkota” Kepemimpinan Kodim 0718/Pati untuk Letkol Arief

Selengkapnya →