Loading...
You are here:  Home  >  Hukum & Kriminal  >  Artikel ini

Polisi Amankan Kapak dan Kayu Jati Curian di Desa Wedusan Pati



Reporter:    /  @ 15:39:49  /  9 Juni 2016

    Print       Email
kayu 2 e

Kayu jati, sepeda motor dan kapak pelaku penebang pohon diangkut mobil Polsek Dukuhseti untuk dijadikan barang bukti. (MuriaNewsCom/Lismanto)

 

MuriaNewsCom, Pati – Petugas Unit Reserse dan Kriminal (Reskrim) Polsek Dukuhseti membekuk M (34), warga Desa Wedusan, Dukuhseti, Pati yang kedapatan menebang pohon milik Perhutani di RPH Ngarengan, Senin (6/6/2016).

Dari hasil penangkapan kepada pelaku, polisi mengamankan sejumlah barang bukti berupa satu buah kapak tangkai kayu sepanjang 80 cm yang digunakan pelaku untuk menebang pohon tersebut. Satu gelondong kayu jati sepanjang 200 cm dengan diameter 19 cm dan volume 0,02 meter kubik juga diamankan.

Tak hanya itu, polisi juga mengamankan satu unit sepeda motor Yamaha Vega tanpa nomor polisi yang dipakai pelaku. “Selain menangkap pelaku, kita juga amankan tiga barang bukti, seperti satu gelondong kayu jati, sepeda motor tanpa nomor polisi, dan satu buah kapak yang digunakan untuk menebang pohon,” ungkap Kabag Ops Polres Pati Kompol Sundoyo kepada MuriaNewsCom, Kamis (9/6/2016).

Akibat perbuatannya, pelaku dikenakan Pasal 12 Huruf C juncto Pasal 82 (1) UU RI Nomor 18 Tahun 2013 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Perusakan Hutan. Pelaku terancam pidana penjara paling singkat satu tahun dan paling lama lima tahun, serta denda paling sedikit Rp 500 juta dan paling banyak Rp 2,5 miliar.

“Dalam Pasal 12 huruf c disebutkan, setiap orang dilarang untuk melakukan penebangan pohon dalam kawasan hutan secara tidak sah. Karena itu, kami meminta kesadaran warga untuk tidak menebang pohon dalam kawasan hutan secara tidak sah, karena ancaman hukumannya berat,” imbaunya.

Editor : Akrom Hazami

Baca juga :

Pencuri Kayu Jati Dibekuk di Wedusan Pati 

 

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Kosek Kos-kosan dan Penginapan, 9 Pasangan Mesum di Grobogan Terjaring

Selengkapnya →