Loading...
You are here:  Home  >  Ramadan  >  Artikel ini

Petani ini Masih Nyantri di Usia 56 Tahun di Rembang



   /  @ 16:00:18  /  8 Juni 2016

    Print       Email
santri tua e

Muhadi (56) sedang membaca kalimat zikir di depan makam Pangeran Sedo Laut, Rabu (8/6/2016) (MuriaNewsCom/AchmadHasyim)

 
MuriaNewsCom, Rembang – Mencari ilmu memang tak mengenal usia. Menurut hadis Nabi, carilah ilmu dari lahir sampai liang lahat, yang artinya mencari ilmu itu wajib sejak lahir sampai mati. Hanya mati yang mampu menghentikan seseorang untuk mencari ilmu.

Hal tersebut dipraktikkan oleh Muhadi (56). Ia masih nyantri di Pondok Pesantren Al Irsyad, Kelurahan Kutoharjo, Kecamatan/Kabupaten Rembang. Pesantren ini terletak di sebelah barat Masjid Agung Rembang. Ia menamai dirinya sendiri sebagai ”santri tua” yang sedang melakukan “ngaji tua”.

“Setiap Ramadan, di waktu sela saya, saya menyempatkan diri untuk ngaji. Saya ingin meningkatkan pelajaran seperti dari kelas satu naik ke kelas dua,” ujar petani asal Desa Mojolawaran, Kecamatan Gabus, Kabupaten Pati, Rabu (8/6/2016).

Ia mengatakan ngaji-nya ini berbeda dengan ngajinya anak muda. Menurutnya, kalau ngajinya anak muda lebih ke syariat dengan mengaji kitab. Sedangkan ngaji tua adalah ngaji hati atau ngaji hakikat.

“Tujuannya untuk mendekatkan diri kepada Allah dengan wiridan dan zikir. Pertama saya dibaiat (ucapan kesanggupan atau kesetiaan), sesudah itu diberi amalan sekian ribu. Kalimat zikirnya itu mengucapkan Allah, Allah, Allah, sampai ribuan kali,” imbuh Muhadi.

Ia menjelaskan tujuan wirid itu adalah untuk membersihkan hati, mendekatkan diri kepada Allah, dan agar manusia ingat mati. “Setiap detik, Allah. Setiap masuknya nafas, keluarnya nafas disertai Allah, Allah,” ungkap Muhadi sambil memutar tasbihnya.

Namun, menurutnya, ngaji syariat juga perlu. Ia bercerita bahwa waktu muda, saat lulus SMA, ia juga belajar kitab di pondok pesantren Al Irsyad ini.

Editor : Akrom Hazami

 

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Letkol Andri Serahkan “Mahkota” Kepemimpinan Kodim 0718/Pati untuk Letkol Arief

Selengkapnya →