Loading...
You are here:  Home  >  Regional  >  Kudus  >  Artikel ini

Ini yang Harus Diprioritaskan Sekolah Dasar untuk Menerima Peserta Didik Baru



Reporter:    /  @ 18:59:03  /  8 Juni 2016

    Print       Email
Calistung bukan menjadi syarat masuk SD (MuriaNewsCom)

Calistung bukan menjadi syarat masuk SD (MuriaNewsCom)

MuriaNewsCom, Kudus – Larangan keras adanya penerapan seleksi atau tes baca, tulis dan berhitung (calistung) terhadap peserta didik baru sekolah dasar (SD), secara tegas telah disampaikan Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kudus.

Menurut Kabid Pendidikan Dasar pada Disdikpora Kudus Kasmudi, proses seleksi yang harus dijalankan untuk penerimaan peserta didik baru yaitu, didasarkan pada usia calon peserta didik dengan prioritas yang paling tua dibuktikan dengan akte kelahiran.

“Kalau usia minimal enam tahun. Namun bagi siswa yang sudah tujuh tahun bahkan lebih, harus menjadi prioritas untuk diterima pihak sekolah. Sementara calon peserta didik yang usianya kurang dari enam tahun, dapat diterima atas surat rekomendasi tertulis dari pihak yang berkompeten seperti konselor sekolah maupun dari psikolog,” ujarnya kepada MuriaNewsCom.

Hal itu, disebabkan kematangan tiap siswa akan berbeda. Siswa yang usianya baru lima tahun bukan berarti tidak matang dan tidak siap. Tergantung gizi dan keturunan.Selain itu, pertimbangan berikutnya, yakni jarak tempat tinggal calon peserta didik yang paling dekat dengan satuan pendidikan dibuktikan dengan kartu keluarga. “Selain itu, bisa mempertimbangkan urutan pendaftaran,” ujarnya.

 

Editor : Kholistiono

 

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Usai Duel, Maling di Raguklampitan Jepara jadi Bulan-bulanan Warga

Selengkapnya →