Loading...
You are here:  Home  >  Regional  >  Blora  >  Artikel ini

Miliki Potensi Tambang Pasir yang Banyak, Pemkab Blora Diminta Siapkan WPR



   /  @ 16:30:52  /  8 Juni 2016

    Print       Email

semen

MuriaNewsCom, Blora – Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Blora menegaskan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blora, perlu menyiapkan Wilayah Pertambangan Rakyat (WPR). Sebab, Kabupaten Blora, memilki potensi besar tambang pasir khususnya sepanjang aliran Sungai Bengawan Solo. Terutama di wilayah Blora bagian selatan, yakni di Kecamatan Kradenan, Kecamatan Kedungtuban, dan Kecamatan Cepu.

Menurut Teguh Wiyono, Kepala Bidang Pertambangan dan Migas pada Dinas ESDM Blora, pertambangan pasir di Blora sampai saat ini belum pernah ada perizinan. Padahal, seharusnya tambang pasir sepanjang Bengawan Solo menjadi pertambangan rakyat, tapi belum ditentukannya WPR di wilayah Blora.

Pihaknya meyakini, jika sudah ditentukan WPR tersebut maka tidak dipungkiri banyak masyarakat yang megurus perizinan.“Memang nantinya ada konsekuensinya, yakni perihal Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL), titik larangan dan reklamasi yang masuk rencana kerja pertambangan,” katanya.

Ia juga menjelaskan, sampai saat ini hanya ada 6 Wilayah Izin Usaha Pertambangan (WIUP) yang masuk di Dinas ESDM, selain izin eksplorasi bahan semen. “Rinciannya, lima titik berada di Kecamatan Kradenan dan satu titik berada di Kecamatan Todanan. Lima titik di Kradenan bergerak di bidang pasir dan kerikil, sementara yang di Todanan bergerak pada penambangan pasir urug ataupun gamping,” pungkasnya.

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Letkol Andri Serahkan “Mahkota” Kepemimpinan Kodim 0718/Pati untuk Letkol Arief

Selengkapnya →