Loading...
You are here:  Home  >  Ekonomi  >  Artikel ini

Pemkab Jepara Nilai Kenaikan Harga Sembako Masih Wajar



   /  @ 12:18:44  /  8 Juni 2016

    Print       Email

 

 Salah satu pedagang sedang menimbang gula pasir (MuriaNewsCom/Wahyu Khoiruz Zaman)


Salah satu pedagang sedang menimbang gula pasir (MuriaNewsCom/Wahyu Khoiruz Zaman)

MuriaNewsCom, Jepara – Harga sejumlah barang kebutuhan pokok di Kabupaten Jepara mengalami kenaikan. Kondisi itu terjadi sejak beberapa pekan terakhir ini, di sejumlah pasar tradisional. Meski begitu, Pemkab Jepara menilai kenaikan harga yang terjadi masih dianggap wajar, sehingga belum perlu dilakukan penanganan seperti operasi pasar.

Hal itu disampaikan Kabid Perdagangan pada Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jepara, Florentina Budi Kurniawati. Menurutnya, kenaikan harga kebutuhan pokok seperti gula pasir masih wajar. Harga masih di kisaran Rp 16 ribu, belum menyentuh angka Rp 20 ribu per kilogram.

“Kami rasa saat ini belum membutuhkan operasi pasar. Kalau sudah sampai Rp 20 ribu per kilogram dan itu terjadi menyeluruh di semua pasar di Jepara, maka akan dilakukan operasi pasar,” ujar Florentina kepada MuriaNewsCom, Rabu (8/6/2016).

Lebih lanjut ia mengemukakan, pelaksanaan operasi pasar bisa dilakukan melalui pengajuan bupati. Selain bisa dilakukan ketika terjadi kenaikan harga yang tinggi, juga bisa dilakukan ketika terjadi kelangkaan di sejumlah tempat atau pasar.

“Sebenarnya untuk kenaikan harga gula ini terjadi hampir semua wilayah di Jawa Tengah. Berdasarkan hasil koordinasi kami dengan pihak provinsi, memang terjadi kenaikan harga karena permintaan masyarakat tinggi, sedangkan ketersediaan barang terbatas,” ungkapnya.

Dia menambahkan, sejauh ini pemerintah tidak bisa melakukan intervensi harga untuk sejumlah barang kebutuhan pokok. Sebab, belum ada aturan mengenai Harga Eceran Tertinggi (HET). Untuk itu, sementara ini pihaknya hanya mengimbau agar pedagang tidak seenaknya menaikkan harga.

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Merangkak Naik, Harga Beras di Kudus Tembus Rp 11.500 per Kilogram

Selengkapnya →