Loading...
You are here:  Home  >  Ekonomi  >  Artikel ini

Harga Gula dan Bawang Merah di Jepara Terus Merangkak Naik



   /  @ 10:32:02  /  8 Juni 2016

    Print       Email

 

Salah seorang penjual sembako di Pasar Ratu (MuriaNewsCom/Wahyu Khoiruz Zaman)

Salah seorang penjual sembako di Pasar Ratu (MuriaNewsCom/Wahyu Khoiruz Zaman)

MuriaNewsCom, Jepara – Harga sejumlah barang kebutuhan pokok terus merangkak naik. Salah satunya gula pasir dan bawang merah. Di Kabupaten Jepara, harga gula pasir terus naik sejak sebulan terakhir ini. Sampai pekan ini saja, dibanding pekan lalu ada kenaikan sebesar Rp 1.000 untuk setiap kilogramnya dari Rp 15 ribu menjadi Rp 16 ribu. Sedangkan bawang merah, naik sekitar Rp 4 ribu, dari Rp 46 ribu menjadi Rp 50 ribu.

Kondisi ini seperti yang terjadi di Pasar Ratu Jepara. Salah seorang penjual sembako, Anto mengatakan, harga terus naik sejak sebulan terakhir ini. Memasuki bulan Ramadan ini juga terjadi kenaikan harga.“Meskipun harganya naik, tetapi masih laku. Masih banyak yang membelinya karena ini barang kebutuhan pokok masyarakat,” ujar Anto kepada MuriaNewsCom, Rabu (8/6/2016).

Menurutnya, kenaikan harga yang terjadi di pasar disebabkan harga dari produsen sudah tinggi. Saat ini, stok khusunya gula sudah terbatas, karena masih dalam proses panen. Akibatnya, pedagang di pasar juga menaikkkan harga kepada konsumen.

Sementara itu, Kabid Perdagangan pada Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Jepara, Florentina Budi Kurniawati menjelaskan, sejumlah barang kebutuhan pokok saat ini memang diakuinya banyak yang mengalami kenaikan harga. Meski begitu, ada beberapa barang yang dipastikan harganya turun seperti cabai dan beras.“Khusus untuk gula dan bawang merah yang kualitasnya bagus harganya memang naik. Ini disebabkan kebutuhan masyarakat tinggi, sedangkan stok terbatas,” ungkap Florentina.

Dia mencontohkan, pada bulan Ramadan ini, banyak masyarakat yang mengkonsumsi gula untuk sajian berbuka puasa dan sahur. Sedangkan pada hari biasa, sangat jarang mengkonsumsi gula. Akibatnya, permintaan pasar semakin tinggi sehingga harga menjadi tinggi.

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Aset Milik Telkomsel Dilelang CIMB Niaga, Pemenang Lelang Layangkan Somasi

Selengkapnya →