Loading...
You are here:  Home  >  Regional  >  Blora  >  Artikel ini

Pemkab Klaim Kebutuhan Daging di Blora Selama Ramadan dan Lebaran Cukup



   /  @ 03:00:26  /  8 Juni 2016

    Print       Email
Caption: Salah satu penjual daging di Pasar Induk Blora (MuriaNewsCom/Rifqi Gozali)

Caption: Salah satu penjual daging di Pasar Induk Blora (MuriaNewsCom/Rifqi Gozali)

 

 

MuriaNewsCom, Kudus – Pemkab Blora mengklaim bahwa kebutuhan daging ayam, kambing maupun sapi selama Ramadan hingga lebaran dirasa cukup. Selain hanya cukup, kebutuhan daging juga dirasa aman untuk dikonsumsi.

Reni Miharti, Kepala Dinas Pertanian, Perkebunan, Peternakan dan Perikanan (Dintanbunakikan) Blora, mengatakan, pihaknya telah mengikuti rapat di Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Jawa Tengah. “Selasa ini saya rapat mengenai ketersediaan daging selama Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri,” kata Reni Miharti.

Sementara, Asngadi, Kepala Seksi Kesehatan Hewan dan Masyarakat Veteriner,  mengungkapkan, bahwa pihaknya berupaya melakukan pemantauan kesehatan daging yang ada di pasaran. Daging hewan yang dijual telah memenuhi syarat Aman, Sehat, Utuh dan Halal (ASUH).Ia mengaku, pihaknya telah menerjunkan tim untuk sidak di pasar, khususnya Pasar Induk Blora.

Katanya, menjelang Ramadan dan saat lebaran nanti konsumsi daging dan telur akan mengalami kenaikan. Sehingga penjualan daging mengalami peningkatan.”Meningkatnya permintaan daging, diduga sering dimanfaatkan oknum pedagang maupun produsen dengan menjual daging yang tidak layak konsumsi, tapi kami jamin di Blora aman,” ujarnya.

Sebagai upaya pencegahan, kata dia, petugas mendatangi pedagang yang menjual daging, kemudian melakukan pemeriksaan. Pemeriksaan daging dilakukan dengan PH meter. Mulai fisik dan asal mula daging ditanyakan petugas kepada penjual di Pasar Induk Blora.“Dari pemeriksaan diketahui, bahwa daging layak dikonsumsi, karena tidak mengandung bakteri dan  penyakit serta tidak ada daging gelonggongan,” pungkasnya.

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Letkol Andri Serahkan “Mahkota” Kepemimpinan Kodim 0718/Pati untuk Letkol Arief

Selengkapnya →