Loading...
You are here:  Home  >  Kesehatan  >  Artikel ini

Bahaya, Hindari Makanan dengan Ciri-ciri Seperti Ini



Reporter:    /  @ 15:59:10  /  7 Juni 2016

    Print       Email
Kabid Sumber Daya Kesehatan pada Dinas  DKK Kudus Sukoliyono (MuriaNewsCom/Faisol Hadi)

Kabid Sumber Daya Kesehatan pada Dinas DKK Kudus Sukoliyono (MuriaNewsCom/Faisol Hadi)

 

MuriaNewsCom, Kudus – Tidak hanya melakukan ujia laboratorium terhadap terasi yang diduga mengandung formalin, namun pihak Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Kudus juga melakukan uji labfor terhadap makanan, yang diduga membahayakan untuk dikonsumsi.

Kabid Sumber Daya Kesehatan pada Dinas Kesehatan Kabupaten Kudus Sukoliyono mengatakan, sebenarnya untuk mengenali makanan yang berbahaya untuk dikonsumsi cukup mudah untuk dikenali, baik dari rasanya maupun warna.

“Jika warna makanan terlihat cerah dan bagus, pembeli harus hati-hati, karena besar kemungkinan menggunakan pewarna berlebih. Jika pewarna yang digunakan berlebih, bisa menyebabkan berbagai penyakit. Parahnya lagi, jika yang digunakan adalah pewarna tekstil, maka dampaknya akan lebih bahaya,” katanya kepada MuriaNewsCom.

Selain warna, cara mengetahuinya adalah dengan rasa. Biasanya, pemanis buatan atau penguat rasa dapat dirasakan dengan lidah. Jika setelah makan atau minum terasa manis yang menyengat dan setelah itu terasa pahit, maka bisa jadi, makanan tersebut menggunakan pemanis buatan yang berlebih.

Sedangkan untuk pengawet, sulit diketahui kasat mata, sebab untuk mengetahui harus dilakukan dengan cara uji laboratorium. “Cukup sering itu, biasanya terdapat pada sirup, baik warna, rasa dan kedaluarsa. Jadi, untuk itulah konsumen juga harus jeli sebelum membeli makanan atau minuman,” ungkapnya.

Editor : Kholistiono

 

 

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Viral, Video Polisi di Grobogan Diomeli Warga saat Melangsungkan Razia, Begini Penjelasan Kapolres

Selengkapnya →