Loading...
You are here:  Home  >  Ekonomi  >  Artikel ini

Harga Daging Sapi di Jepara Merangkak Naik



   /  @ 20:35:28  /  6 Juni 2016

    Print       Email
Aktivitas pedagang daging sapi di Pasar Jepara Satu (MuriaNewsCom/Wahyu Khoiruz Zaman)

Aktivitas pedagang daging sapi di Pasar Jepara Satu (MuriaNewsCom/Wahyu Khoiruz Zaman)

MuriaNewsCom, Jepara – Memasuki hari pertama puasa pada bulan Ramadan, harga daging sapi di sejumah pasar tradisional di Jepara naik. Meski begitu, minat warga untuk membelinya tetap saja tinggi.

Hal itu seperti yang terjadi di Pasar Ratu (Jepara satu). Harga daging sapi di Pasar Ratu mencapai Rp 110 ribu. Harga tersebut naik dibanding tiga hari sebelum Ramadan lalu yang masih berkisar Rp 100 ribu per kilogram. Sedangkan harga daging campuran sekitar Rp 95 ribu.

“Harganya naik terus dari beberapa hari yang lalu. Tetapi yang beli tetap banyak, bahkan sampai kehabisan barang,” ujar salah seorang pedagang daging sapi di Pasar Ratu, Faizah kepada MuriaNewsCom, Senin (6/6/2016).

Ia menduga, tingginya harga daging sapi saat ini lantaran adanya permainan harga pasar yang dilakukan para supplier. Jumlah daging sapi yang dijual ke pasar sengaja dibatasi. Sehingga, seolah-seolah terjadi kelangkaan dan permintaan tinggi. Kemudian itu dijadikan alasan untuk menaikan harga.“Pemerintah jangan asal perintahkan harga daging sekian, sekian, sekian. Tapi juga harus ada solusi apakah itu pasokan ditambah, pasar murah, atau apalah,” keluh Faizah.

Seorang warga, Mujiati, mengaku terpaksa membeli dagaing sapi meski harganya mahal. Itu karena setiap awal Ramadan tiba, Mujiati, memasak masakan yang berkuah segar, seperti sup daging maupun asem-asem daging.“Kalau awal-awal puasa begini kan kepinginnya yang seger-seger. Jadi meskipun mahal ya, terpaksa dibeli,” kata Mujiati.

Pada puasa hari pertama ini, suasana Pasar Ratu ramai dikunjungi warga selepas Dzuhur.  Keramaian nampak di setiap kios, seperti kios sayur, daging dan ikan. Meski harga daging sapi selangit, itu tak menyurutkan niat masyarakat untuk membelinya.

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Jelang Libur Akhir Tahun, Pantai Kartini Siapkan Personel Tambahan

Selengkapnya →