Loading...
You are here:  Home  >  Ekonomi  >  Artikel ini

Ramadan Tiba, Inflasi di Pati Capai 0,08 Persen



Reporter:    /  @ 20:00:22  /  6 Juni 2016

    Print       Email
Kepala BPS Pati Sri Wiyadi menjelaskan soal inflasi di Pati jelang Ramadan hingga perkiraan Lebaran. (MuriaNewsCom/Lismanto)

Kepala BPS Pati Sri Wiyadi menjelaskan soal inflasi di Pati jelang Ramadan hingga perkiraan Lebaran. (MuriaNewsCom/Lismanto)

MuriaNewsCom, Pati – Badan Pusat Statistik (BPS) Pati merilis, bulan ini terjadi inflasi sebesar 0,08 persen di Pati. Hal itu disebabkan meningkatnya harga-harga secara umum saat Ramadan tiba.

“Memasuki Ramadan, terjadi inflasi yang sangat tipis, yakni 0,08 persen. Itu terjadi, salah satunya disebabkan konsumsi masyarakat yang sedikit meningkat ketimbang bulan-bulan sebelumnya,” kata Kepala BPS Pati Sri Wiyadi, Senin (6/6/2016).

Puncak inflasi di Pati diperkirakan terjadi pada Juli. Hal itu diperkirakan terjadi, lantaran bulan tersebut memasuki Lebaran. Pada momen tersebut, biasanya terjadi kenaikan harga pada banyak komoditas.

“Kalau puncak inflasi itu dibarengi dengan kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM), maka inflasi besar-besaran akan terjadi. Karena itu, kita berharap agar tidak ada kenaikan BBM,” imbuhnya.

Dalam beberapa bulan terakhir, penyebab inflasi paling signifikan disebabkan kenaikan harga pada kelompok makanan jadi, minuman, rokok, dan tembakau. Tingkat inflasi saat itu bisa mencapai 0,3 persen.

Selanjutnya, penyebab inflasi paling besar kedua disebabkan kelompok sandang mencapai 0,29 persen, disusul kelompok kesehatan 0,08 persen, transportasi dan komunikasi 0,05 persen, serta kelompok pendidikan, rekreasi dan olahraga 0,03 persen.

Pada lebaran nanti, kemungkinan inflasi paling besar terjadi karena kenaikan makanan jadi, sandang, dan rekreasi. Kenaikan harga ketiga kelompok tersebut dianggap paling mendominasi saat Lebaran tiba.

Editor : Akrom Hazami

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Kosek Kos-kosan dan Penginapan, 9 Pasangan Mesum di Grobogan Terjaring

Selengkapnya →