Loading...
You are here:  Home  >  Regional  >  Kudus  >  Artikel ini

Penting! Ini Aturan Baru, Jika Sampai Telah Bayar Iuran BPJS Kesehatan, Ini Akibatnya



Reporter:    /  @ 17:35:09  /  6 Juni 2016

    Print       Email
 Kepala BPJS Kesehatan Kudus Agus Purwono (MuriaNewsCom/Faisol Hadi)


Kepala BPJS Kesehatan Kudus Agus Purwono (MuriaNewsCom/Faisol Hadi)


MuriaNewsCom, Kudus
–  Bagi pemegang kartu Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan,kini harus lebih tertib dalam  membayar iuran bulanan. Sebab, jika telat sebulan saja membayar, maka kartu akan dinonaktifkan.Aturan tersebut bakal berlaku mulai per 1 Juli 2016 mendatang. Bagi peserta non Penerima Bantuan Iuran (PBI) atau mandiri yang nunggak satu bulan, maka kartu tersebut tidak bisa digunakan.

Menurut Kepala BPJS Kesehatan Kudus Agus Purwono, aturan tersebut baru diterbitkan berdasarkan Perpres Nomor 28 dan 29 Tahun 2016 tentang Pembayaran Iuran yang Menunggak Lebih Satu Bulan, kepesertaannya sebagai anggota BPJS Kesehatan non PBI langsung dinonaktifkan.” Per 1 Juli 2016 baru dilaksanakan. Jadi kami sosialisasi dulu kepada masyarakat selama sebulan ini,” katanya kepada MuriaNewsCom

Meski demikian, setelah kepesertaan nonaktif, kartu bisa diaktifkan kembali jika sudah ada pelunasan. Namun, hal itu masih ada syarat lainnya, yakni, setelah 45 hari dari pelunasan wajib membayar 2,5 persen dari total biaya pelayanan.

Menurutnya, mengenai aturan yang lama terkait pembayaran telat dari tanggal yang sudah ditetapkan, maka akan dikenakan denda dua persen. Sedangkan, aturan baru tidak ada denda tapi langsung dinonaktifkan.

Hingga kini, untuk kepesertaan BPJS Kesehatan hingga Mei 2016, mencapai 555.107 jiwa atau 67 persen, sedangkan yang belum terdaftar sebanyak 267.215 jiwa atau 33 persen. Pihak BPJS Kesehatan, katanya, akan terus mengembangkan pemegang kartu, sehingga nantinya bisa terus merambah pada kepesertaan dari kalangan Usaha Kecil Menengah (UKM).

Editor : Kholistiono

 

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Jelang Libur Akhir Tahun, Pantai Kartini Siapkan Personel Tambahan

Selengkapnya →