Loading...
You are here:  Home  >  Regional  >  Pati  >  Artikel ini

Ribuan Warga Pati Akan Berangkat Haji Tahun Ini



Reporter:    /  @ 16:42:43  /  6 Juni 2016

    Print       Email
haji e

Ribuan jamaah haji berkumpul di depan Kantor Bupati tahun lalu. (MuriaNewsCom/Lismanto)

 

MuriaNewsCom, Pati – Sedikitnya ada 1.186 warga Pati yang siap berangkat haji tahun ini. Mereka akan berangkat setelah Lebaran, tepatnya 8 Agustus 2016 mendatang.

Kepala Kantor Kemenag Pati Ahmad Mudzakir kepada MuriaNewsCom, Senin (6/6/2016) mengatakan, kuota sebanyak itu sebagian besar masih didominasi warga dari Kecamatan Pati, kemudian disusul Kecamatan Jaken. “Masih ada 52 orang cadangan. Mereka prosesnya bisa berangkat, bisa tidak,” ujarnya.

Saat ini, persiapan ibadah haji sudah mulai pelunasan. Pelunasan tahap pertama dilakukan pada 19 Mei hingga 10 Juni 2016, sedangkan pelunasan tahap kedua dilakukan pada 20 Juni sampai 30 Juni 2016.

“Tahap pertama nanti kalau masih ada sisa kuota, peruntukannya bagi yang sudah haji. Kalau tahap pertama nanti ternyata sudah lunas semua, maka yang cadangan akan mundur tahun berikutnya. Proses dan aturannya memang begitu,” tuturnya.

Ia menambahkan, biaya naik haji saat ini berkisar di angka Rp 34,8 juta. Semua calon haji akan dikenakan biaya dengan standar rupiah, karena saat ini hitungan dolar tidak dipakai.

“Sekarang tidak pakai dolar lagi, karena standarnya rupiah. Untuk berangkat haji, saat ini harus menunggu 21 tahun. Kalau daftar sekarang, kemungkinan berangkat haji sekitar 2037. Hal ini mengingat terbatasnya kuota untuk berangkat haji, bersamaan dengan banyaknya permintaan haji dari seluruh Indonesia,” pungkasnya.

Editor : Akrom Hazami

 

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Jelang Libur Akhir Tahun, Pantai Kartini Siapkan Personel Tambahan

Selengkapnya →