Loading...
You are here:  Home  >  Regional  >  Jepara  >  Artikel ini

Durasi Puasa di Jepara Tahun Ini Lebih Cepat, Ini Alasannya



   /  @ 14:45:49  /  6 Juni 2016

    Print       Email
Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Jepara Muhdi saat mendampingi Bupati Jepara melihat rukyatul hilal (MuriaNewsCom/Wahyu Khoiruz Zaman)

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Jepara Muhdi saat mendampingi Bupati Jepara melihat rukyatul hilal (MuriaNewsCom/Wahyu Khoiruz Zaman)

MuriaNewsCom, Jepara – Durasi puasa di Jepara pada Ramadan tahun ini lebih cepat dibanding tahun lalu. Kondisi itu terjadi, karena posisi peredaran matahari berada di sisi utara bumi. Sehingga durasi malam hari lebih panjang ketimbang siang hari.

Hal itu disampaikan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Jepara Muhdi. Menurutnya, jika dibanding dengan puasa tahun lalu, waktu pelaksanaan puasa tahun ini lebih cepat. Puasa tahun ini dimulai pukul 04.20 WIB dan berakhir saat pukul 17.31 WIB.“Lebih cepat dibanding Ramadan tahun lalu.Kalau tahun lalu, imsak jam 04.00 WIB lebih sedikit, kemudian waktu berbukanya jam 18.00 WIB kurang,” ujar Muhdi, Senin (6/6/2016).

Lebih lanjut Muhdi mengemukakan, hal itu terjadi murni karena faktor alam. Meski waktu pelaksanaan puasa relatif lebih singkat beberapa menit, pihaknya berharap hal itu tidak mengurangi kekhusyukan menjalankan puasa.

 “Waktu puasanya boleh singkat, tapi ibadah tetap harus diperbanyak. Misalnya, untuk meningkatkan kadar keimanan pada puasa kali ini, kami menggelar program tadarus Alquran bersama dan tausiah keagamaan untuk semua staf dan pegawai di lingkungan Kemenag,” terangnya.

Sementara itu, terkait jam kerja pegawai di lingkungan Kemenag, Muhdi menambahkan, selama Ramadan dalam sehari pegawai hanya bekerja selama 6 jam. Jika pada hari biasa jam kerja dimulai pukul 07.00 WIB, pada Ramadan jam kerja dimulai pukul 07.30 WIB.

 “Begitu juga jam pulang lebih cepat. Pengurangan jam kerja ini dengan pertimbangan kondisi fisik. Kondisi fisik orang bekerja saat berpuasa jelas berbeda. Pengurangan jam kerja ini diharapkan dapat dimanfaatkan untuk memperbanyak ibadah,” imbuhnya.

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Aset Milik Telkomsel Dilelang CIMB Niaga, Pemenang Lelang Layangkan Somasi

Selengkapnya →