Loading...
You are here:  Home  >  Ekonomi  >  Artikel ini

Pemkab Pati Bakal Atur Jarak dan Jam Operasional Toko Swalayan



Reporter:    /  @ 13:00:22  /  6 Juni 2016

    Print       Email
atur jam

Anggota DPRD Pati memanggil pejabat Pemkab terkait dengan menjamurnya toko modern di Pati tak lama ini. (MuriaNewsCom/Lismanto)

MuriaNewsCom, Pati – Keluhan masyarakat terkait menjamurnya toko modern di Pati, yang dikhawatirkan mengancam keberlangsungan pasar tradisional, ditanggapi Pemkab Pati. Rencananya, Perbup Nomor 60 Tahun 2012 akan kembali digodok agar bisa mengakomodasi semua pihak.

“Saat ini, kami tengah menggodok terkait perizinan toko modern di Pati. Istilah Izin Usaha Toko Modern (IUTM) rencananya akan diganti Izin Usaha Toko Swalayan (IUTS). Sebab, istilah IUTM masih multitafsir sehingga perlu diperjelas. IUTS seperti cukup detail dan jelas,” ujar Kabag Hukum Setda Pati Siti Subiati, Senin (6/6/2016).

Dalam perbup yang baru, kata dia, bukan saja mengatur IUTS, tetapi juga mengatur jarak dan jam operasional toko swalayan. Dengan upaya pembuatan regulasi yang lebih spesifik, toko swalayan di Pati diharapkan bisa ditata dengan baik dan tidak mengancam pasar tradisional.

“Rencananya, jarak antara satu swalayan dengan swalayan lainnya akan diatur, termasuk jarak swalayan dengan pasar tradisional. Perbup juga akan mengatur jam operasional, apakah diperbolehkan 24 jam atau syarat-syaratnya bagaimana, itu akan dikaji,” imbuhnya.

Ia berharap, Perbup yang baru bisa segera diselesaikan. Dengan begitu, keluhan masyarakat yang selama ini resah dengan adanya toko swalayan yang menjamur di Pati bisa dijawab.

“Kita hidup di negara hukum. Kalau ada keluhan, coba kita lihat produk hukumnya seperti apa. Bila memang produk hukumnya lemah, kita akan coba untuk kaji dan perbaiki untuk kemaslahatan bersama,” pungkasnya.

Editor : Akrom Hazami

 

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Usai Duel, Maling di Raguklampitan Jepara jadi Bulan-bulanan Warga

Selengkapnya →