Loading...
You are here:  Home  >  Regional  >  Jepara  >  Artikel ini

Ini Syarat yang Harus Dipenuhi untuk Menjadi Pemantau Pilkada Jepara



   /  @ 10:18:00  /  6 Juni 2016

    Print       Email
Konferensi pers oleh KPU Jepara (MuriaNewsCom/Wahyu Khoiruz Zaman)

Konferensi pers oleh KPU Jepara (MuriaNewsCom/Wahyu Khoiruz Zaman)

MuriaNewsCom, Jepara – Masyarakat dapat terlibat dalam proses Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jepara 2017, salah satunya menjadi pemantau. Terkait hal itu, lembaga atau organisasi yang ingin menjadi pemantau pilkada, harus terdaftar dan mendapatkan akreditasi dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jepara.

Hal itu disampaikan Komisioner KPU Jepara Subhan Zuhri. Menurut dia, tahapan pelaksanaan Pilkada Jepara 2017 telah dimulai. “Untuk dapat melakukan pemantauan, harus mendaftar dan mendapatkan akreditasi dari KPU. Syarat lain yang mutlak dipenuhi adalah, lembaga atau organiasasi pemantau harus bersifat independen atau tidak  berafiliasi dengan peserta pemilihan dan mempunyai sumber dana yang jelas,” jelas Subhan kepada MuriaNewsCom, Senin (6/6/2016).

Menurutnya, dengan adanya pemantauan, selain menjadi wujud partisipasi  masyarakat, diharapkan akan mampu meminimalisasi berbagai potensi pelanggaran. Lembaga pemantau dapat melakukan pemantauan mulai dari tahapan persiapan sampai pada pemungutan suara dan penghitungan perolehan suara.“Diharapkan dengan adanya kegiatan masyarakat dalam memantau pelaksanaan tahapan pilkada, dapat meningkatkan kualitas demokrasi di Jepara,” terangnya.

Lebih lanjut dia mengemukakan, partisipasi masyarakat di dalam pilkada juga dapat diwujudkan dalam bentuk keterlibatan di dalam penyelenggaraan pilkada, yakni menjadi penyelenggara di tingkat kecamatan, desa/kelurahan dan di tempat pemungutan suara (TPS).“Bentuk partisipasi lainnya adalah melakukan kegiatan sosialisasi, melakukan survei dan hitung cepat (quick count) hasil perolehan suara,” katanya.

Jadi, imbuh Subhan, partisipasi masyarakat tidak hanya sekadar memberikan hak pilih pada saat pemungutan suara. Namun ada banyak hal yang bisa dilakukan masyarakat untuk berpartisipasi di dalam pilkada.

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Viral, Video Polisi di Grobogan Diomeli Warga saat Melangsungkan Razia, Begini Penjelasan Kapolres

Selengkapnya →