Loading...
You are here:  Home  >  Regional  >  Grobogan  >  Artikel ini

Perhatian, Berani Jual Mercon Bisa Dipidana 5 Tahun Lho



Reporter:    /  @ 16:39:35  /  4 Juni 2016

    Print       Email
Guna mencegah adanya penjualan petasan anggota Polres Grobogan melakukan razia di sejumlah lokasi (MuriaNewsCom/Dani Agus)

Guna mencegah adanya penjualan petasan anggota Polres Grobogan melakukan razia di sejumlah lokasi (MuriaNewsCom/Dani Agus)

MuriaNewsCom, Grobogan – Mendekati masuknya bulan suci Ramadan, jajaran Polres Grobogan meningkatkan kegiatan razia. Kali ini, sasarannya adalah mencegah adanya penjualan petasan atau mercon. Meski demikian, selama razia yang dilangsungkan pada Sabtu (4/5/2016), petugas belum menemukan adanya peredaran mercon.

“Dari kegiatan yang kita lakukan hasilnya memang masih nihil. Meski begitu, kami akan terus melakukan razia,  supaya wilayah Grobogan aman dari peredaran petasan,” kata Kapolres Grobogan AKBP Agusman Gurning melalui Kasat Sabhara AKP Lamsir.

Menurut Lamsir, razia selanjutnya tidak hanya dilakukan di kawasan kota saja. Tetapi, jajaran polsek juga akan menggelar razia di wilayahnya masing-masing. ”Kalau hanya menjual kembang api tidak masalah. Yang kita sasar adalah penjual petasan,” jelasnya.

‎Lamsir juga mengimbau kepada warga agar tidak menjual petasan. Sebab, pelakunya bisa dijerat Undang-undang Darurat No 12 Tahun 1951 tentang Menyimpan Bahan Peledak dengan ancaman hukuman penjara 5 tahun.

Selain warga, para penjual kembang api juga diimbau tidak menyediakan petasan. Hal itu dilakukan, karena di beberapa daerah ada modus yang memasarkan petasan dengan cara menjual kembang api.

“Modus operasinya, biasanya yang dipajang cuma kembang api saja, yang kira-kira tidak bahaya. Namun, saat pembelinya meminta petasan, penjualnya baru mengeluarkan barangnya,” imbuhnya.

Editor : Kholistiono

 

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Jelang Libur Akhir Tahun, Pantai Kartini Siapkan Personel Tambahan

Selengkapnya →