Loading...
You are here:  Home  >  Regional  >  Pati  >  Artikel ini

PNS di Pati Diminta Netral pada Pilkada 2017



Reporter:    /  @ 11:58:01  /  4 Juni 2016

    Print       Email
Ketua KPU Pati Much Nasich (tengah) melakukan sosialisasi tahapan Pilkada Pati kepada Forkopimda, ormas, dan sejumlah elemen masyarakat lainnya tak lama ini. (MuriaNewsCom/Lismanto)

Ketua KPU Pati Much Nasich (tengah) melakukan sosialisasi tahapan Pilkada Pati kepada Forkopimda, ormas, dan sejumlah elemen masyarakat lainnya tak lama ini. (MuriaNewsCom/Lismanto)

MuriaNewsCom, Pati – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pati Much Nasich meminta agar semua pegawai negeri sipil (PNS) di Pati bisa netral dan tidak memihak salah satu pasangan calon bupati dan wakilnya pada Pilkada 2017, mulai dari tahapan yang berlangsung saat ini hingga pemungutan suara pada 15 Februari 2017 mendatang.

“Sesuai dengan aturan yang berlaku, PNS harus netral dan tidak boleh memihak, termasuk tidak boleh terlibat dalam kampanye secara langsung. Mereka harus taat dengan aturan itu,” ujar Nasich, Sabtu (4/6/2016).

Konsekuensi dari aturan tersebut, PNS, termasuk TNI dan Polri juga tidak diperbolehkan memberikan dukungan berupa KTP kepada salah satu calon perseorangan. Begitu juga dengan parpol, PNS dilarang untuk terlibat dengan parpol.

Hal itu sesuai dengan Pasal 9 ayat 2 Undang-undang Aparatur Sipil Negara (ASN) Nomor 5 Tahun 2014 yang menyatakan, pegawai ASN harus bebas dari pengaruh dan intervensi semua golongan dan parpol. Namun, aturan ini tidak berlaku bagi keluarga PNS yang bukan PNS.

“Ketentuan berlaku untuk PNS, termasuk TNI dan Polri, tapi tidak berlaku untuk keluarganya yang bukan PNS. Aturan ini harus betul-betul diperhatikan agar pilkada bisa berlangsung secara demokratis dan fair,” pesannya.

Kendati demikian, bukan berarti PNS tidak diperbolehkan untuk mencoblos. Mereka tetap punya hak untuk memilih pasangan calon dan menggunakan hak pilihnya sesuai dengan hati nuraninya.

Editor : Kholistiono 

 

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Aset Milik Telkomsel Dilelang CIMB Niaga, Pemenang Lelang Layangkan Somasi

Selengkapnya →