Loading...
You are here:  Home  >  Regional  >  Grobogan  >  Artikel ini

Puluhan Anggota Tagana Grobogan Digembleng



Reporter:    /  @ 09:14:23  /  4 Juni 2016

    Print       Email
Anggota Tagana Grobogan sedang bersiap mengikuti serangkaian pelatihan penanganan bencana. (MuriaNewsCom/Dani Agus)

Anggota Tagana Grobogan sedang bersiap mengikuti serangkaian pelatihan penanganan bencana. (MuriaNewsCom/Dani Agus)

MuriaNewsCom, Grobogan – Puluhan anggota taruna siaga bencana (Tagana) Grobogan selama sehari penuh mendapat serangkaian pelatihan penanganan bencana alam.

Kegiatan pelatihan dilangsungkan di komplek bumi perkemahan Kalacakra di kawasan Waduk Sanggeh, Desa Tambirejo, Kecamatan Toroh.

“Totalnya ada 40 tagana yang terlibat dalam pelatihan tersebut. Untuk instrukturnya dari Kodim dan BPBD Grobogan,” ungkap Kabid Sosial Dinsosnakertrans Grobogan Kurniawan, Jumat (3/6/2016)

Menurutnya, jumlah keseluruhan anggota Tagana ada 69 orang yang tersebar di 19 kecamatan. Mereka ini berasal dari beberapa elemen masyarakat. Seperti, pramuka, karang taruna, TKSK, dan relawan masyarakat.

Selama ini, anggota tagana sudah seringkali diterjunkan untuk membantu menangani bencana. Seperti, pada tahun 2015 lalu ketika ada banjir bandang di wilayah Kecamatan Tegowanu.

“Pelatihan ini kita berikan agar kemampuan anggota tagana makin bertambah. Dengan demikian, mereka nantinya bisa lebih sigap saat membantu menangani bencana,” jelasnya.

Di samping menangani bencana, setelah pelatihan para tagana diminta melakukan pendataan daerah rawan bencana diwilayahnya masing-masing.

Dengan adanya data itu akan membantu upaya meminimalkan terjadinya bencana alam.

Sementara itu, Ketua Tagana Grobogan Ali Musafak mengaku jika banyak manfaat yang didapat dari pelatihan tersebut. Baik kemampuan penanggulangan bencana maupun manajemen penanganannya.

“Saya mengapresiasi adanya pelatihan ini. Kami berharap, pelatihan ini bisa digelar secara rutin,” katanya.

Editor : Akrom Hazami

 

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Kosek Kos-kosan dan Penginapan, 9 Pasangan Mesum di Grobogan Terjaring

Selengkapnya →