Loading...
You are here:  Home  >  Regional  >  Blora  >  Artikel ini

Harga Minyak Naik, Penambang di Blora Berharap Dapat Rezeki Lebih



   /  @ 19:31:10  /  3 Juni 2016

    Print       Email
Jpeg

Salah satu sumur minyak tua yang ada di Blora. (MuriaNewsCom/Rifqi Gozali)

MuriaNewsCom, Blora – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) melalui Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Dirjen Migas) menetapkan harga minyak mentah Indonesia (ICP/Indonesian Crude Oil) untuk Cepu US$ 37,04 per barel pada Juni 2016. Itu merupakan peningkatan dibandingkan pada bulan sebelumnya yang hanya mencapai US$ 31,98 per barel.

Hal itu seperti yang tertulis pada data yang telah dikeluarkan oleh Kementerian ESDM atas dasar formula harga yang telah dikeluarkan oleh pemerintah. Dalam data tertanggal 1 Juni 2016 dan telah ditandatangani oleh Susyanto, Plh Dirjen Migas, selaku ketua tim harga minyak mentah.

Yunus, salah satu anggota kelompok penambang sumur minyak tua lapangan Ledok, Blora, mengungkapkan bahwa hal itu berpengaruh pada  angkat dan angkut minyak mentah dari sumur tua.

Menurutnya, tarif bulan ini mencapai Rp 2.153,51 per liter. “Karena dikurangi beberapa komponen, penambang hanya memperoleh Rp 1.657,99 atau 76,99 persen dari tarif yang dibayarkan Pertamina,” katanya.

Atas naiknya harga minyak, penambang pun berharap agar mendapat komisi lebih ketimbang semula yang telah dibayarkan Pertamina. “Supaya penambang lebih bersemangat,” tambahnya.

Agus Amperianto, Field Manager PT Pertamina EP Asset 4 Field Cepu, dalam surat yang dikirimkan kepada KUD/BUMD maupun paguyuban memenerangkan tentang Tarif Imbalan Jasa Angkat dan Angkut Minyak Mentah pada bulan Juni 2016.
Tarif yang diberikan tersebut berdasarkan Kurs tengah US$ bulan Mei 2016 dan harga minyak mentah Indonesia (ICP) bulan Mei 2016 sebesar Rp. 2.153,51 per liter. Menurutnya, tarif imbalan jasa angkat dan angkut minyak mentah setiap bulan berubah berdasarkan Kurs Tengah US$ dan Harga Minyak Mentah Indonesia (ICP) bulan sebelumnya.

Editor : Akrom Hazami

 

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Jelang Libur Akhir Tahun, Pantai Kartini Siapkan Personel Tambahan

Selengkapnya →