Loading...
You are here:  Home  >  Ekonomi  >  Artikel ini

Pengguna e-Filing di KPP Pratama Jepara Meningkat



   /  @ 17:53:59  /  3 Juni 2016

    Print       Email
Petugas KPP Pratama Jepara sedang melayani wajib pajak. (MuriaNewsCom/Wahyu KZ)

Petugas KPP Pratama Jepara sedang melayani wajib pajak. (MuriaNewsCom/Wahyu KZ)

 

MuriaNewsCom, Jepara – Salah satu upaya pemerintah dalam memaksimalkan pendataan dan perolehan penerimaan sektor pajak, yakni dengan mempermudah proses pelaporan pajak bagi para wajib pajak (WP), dengan sistem pelaporan secara online. Salah satu sistemonline yang digunakan adalah e-filing.

Program e-filing ini terbukti cukup ampuh dilihat dari pelaporan Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) pajak yang ada. Berdasarkan data Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Jepara,pengguna e-filing terus meningkat. Dibanding tahun 2015 lalu, pelaporan pajak via e-filingmeningkat sekitar 3.028 wajib pajak pada tahun 2016.

Kepala KPP Pratama Jepara, Endaryono menjelaskan, dengan e-filing sangat terasa perkembangannya. Wajib pajak terutama yang diwajibkan menggunakan e-filing pun, yakni Pegawai Negeri Sipil (PNS), TNI dan Polri lebih patuh terhadap pajak.

”Ada kenaikan yang cukup signfikan terkait pelaporan SPT pajak via e-filing. Data itu dapat dilihat dari besaran kepatuhan ketiga aparatur Negara yang diwajibkan e-filing. Dari data tahun 2015 sekitar 21.318, sedangkan di tahun 2016 meningkat menjadi 24.346,” ujar Endaryono kepada MuriaNewsCom, Jumat (3/6/2016).

Menurut dia, bukan nilai yang penting, tapi meningkatkan kepatuhan sekaligus pelayanan.Sebab, kalau pakai e-filing, bisa meningkatkan kepatuhaannya. Masyarakat juga makin mudah melapor dan membayar pajak.

Lebih lanjut ia mengemukakan, kewajiban tiga aparatur Negara menggunakan e-filingberdasarkan keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI nomor 8 tahun 2015, tentang kewajiban penyampaian surat pemberitahuan tahunan pajak penghasilanwajib pajak orang pribadi oleh Aparatur Sipil Negara/anggota Tentara Nasional Indonesia Kepolisian Republik Indonesia.

”Kewajiban aparatur Negara menggunakan e-filing cukup efektif. Diharapkan kepatuhan mereka terhadap pajak bisa ditularkan ke wajib pajak yang lain,” katanya.

Endaryono  mengapresiasi wajib pajak yang telah patuh membayar pajak. Diharapkan ke depan, kepatuhan wajib pajak terhadap kewajibannya menyetor pajak semakin meningkat dan menular ke wajib pajak lain.

Editor: Supriyadi

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Kosek Kos-kosan dan Penginapan, 9 Pasangan Mesum di Grobogan Terjaring

Selengkapnya →