Loading...
You are here:  Home  >  Regional  >  Rembang  >  Artikel ini

Elegan, Ada Dompet Kulit Ikan Pari di Rembang



   /  @ 13:30:17  /  3 Juni 2016

    Print       Email
dompet e

Dompet dari kulit ikan pari tampak di salah satu stan Rembang Expo. (MuriaNewsCom/Achmad Hasyim)

 

MuriaNewsCom, Rembang – Ikan Pari selain dikonsumsi, ternyata bagian kulitnya bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah. Seorang ibu rumah tangga asal Rembang pun berusaha memanfaatkan kulit Ikan Pari sebagai bahan kerajinan.

Di tangan Maftuhah, kulit Ikan Pari disulapnya menjadi dompet, tas, sabuk, gantungan kunci, dan bahkan sepatu. Ia menjalani produksinya di Desa Turus Gede RT 1 RW 1, Kecamatan/Kabupaten Rembang.

Alumni Politeknik Akademi Teknologi Kulit (ATK) Yogyakarta ini berupaya mengaplikasikan ilmu  yang telah dipelajarinya dari kampus tempatnya menuntut ilmu. Apalagi, dirinya melihat peluang produksi kerajinan dari kulit Ikan Pari masih sangat terbuka lebar.

“Kerajinan Kulit Ikan Pari sudah mempunyai pasar tersendiri, terlebih bahan bakunya ¬†melimpah dan dapat dipenuhi dari Rembang,” ujar Maftuhah yang ditemui pada Rembang Expo di Balai Kartini.

Perempuan yang memulai usaha kerajinan kulit Ikan Pari ini mengungkapkan, untuk di Rembang sendiri, kerajinan kulit Ikan Pari belum banyak dikembangkan padahal potensinya sangat menjanjikan.

“Untuk sekarang ini, setidaknya kami mampu menghasilkan lebih 100 produk kerajinan kulit Ikan Pari setiap bulannya. Antara lain dompet, ikat pinggang, tempat kunci, hingga tas pria dan wanita,” ungkapnya.

Editor : Akrom Hazami

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Jelang Libur Akhir Tahun, Pantai Kartini Siapkan Personel Tambahan

Selengkapnya →