Loading...
You are here:  Home  >  Pendidikan  >  Artikel ini

Petani Rembang 42 Tahun ini adalah Calon Sarjana



   /  @ 10:50:09  /  3 Juni 2016

    Print       Email
Mohamad Mohni (topi merah) saat didatangi Danramil Bulu di kebun belakang rumanya (istimewa)

Mohamad Mohni (topi merah) saat didatangi Danramil Bulu di kebun belakang rumahnya (istimewa)

 

MuriaNewsCom, Rembang – Pendidikan tinggi tak hanya untuk pemuda yang baru lulus SMA sederajat. Mereka yang sudah berkeluarga pun dapat menempuh pendidikan tinggi. Pendidikan tinggi juga tak mempermasalahkan pekerjaan mahasiswanya. Petani dari desa pun boleh menempuh pendidikan tinggi.

Di antaranya, Mohamad Mohni (42) petani asal Desa Karangasem, Kecamatan Bulu, yang sekarang sedang menempuh pendidikan S1 di STIE YPPI Rembang. Ia mengambil jurusan Manajemen Sumber Daya Manusia dan menjadi mahasiswa tertua di kelasnya. Sekarang, ia sedang mengerjakan skripsi.

Pada awalnya petani tembakau, cabai, tomat, pepaya, pisang, kelengkeng, dan sirsak ini memang tidak berpikiran untuk kuliah di usianya yang ke-39. Akan tetapi, karena pesan ibunya yang sedang naik haji, mau tidak mau ia harus kuliah.

“Waktu ibu berangkat haji beliau berpesan bahwa sebelum beliau kembali dari haji, saya harus sudah kuliah. Saya kemudian minta izin sama istri saya dan anak-anak. Jawabnya istri saya, oke tidak apa-apa. Akhirnya saya kuliah,” ungkapnya kepada MuriaNewsCom di stan KTNA Rembang Expo di Balai Kartini, Kamis (2/6/2016).

Sekarang, Mohni bersyukur karena dengan menuruti kata ibunya, ia mendapat tambahan ilmu yang bisa diterapkan dalam usaha pertanian yang digelutinya. Selain itu, ilmu yang ia dapat dari bangku kuliah dapat diterapkan dalam masyarakat.

“Manajemen keuangan saya sendiri sampai manajemen bagaimana saya bertani, layak atau tidak usaha tani saya ini. Setiap saya usaha tani, saya bukukan. Katakanlah modal satu juta, nanti bisa dihitung ketika dalam sebulan untung berapa,” imbuh Mohni.

Editor : Akrom Hazami

 

 

 

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Viral, Video Polisi di Grobogan Diomeli Warga saat Melangsungkan Razia, Begini Penjelasan Kapolres

Selengkapnya →