Loading...
You are here:  Home  >  Griya  >  Artikel ini

Ini Pentingnya Plafon untuk Rumahmu Agar Lebih Nyaman



Reporter:    /  @ 20:30:48  /  14 November 2015

    Print       Email
Salah satu perumahan yang ada di Kabupaten Kudus. (MuriaNewsCom)

Salah satu perumahan yang ada di Kabupaten Kudus. (MuriaNewsCom)

 

KUDUS – Rumah yang nyaman dan sejuk tentunya ingin dimiliki oleh setiap orang. Salah penunjangnya adalah salah satu bagian atap rumah, plafon. Pastikan hal-hal terkait plafon berikut sudah ada di rumah untuk mendapatkan rumah lebih enak ditempati.

Ambar Susilowati, bagian marketing dan pengembangan perumahan Graha Sakinah Kudus mengatakan plafon erfungsi sebagai atap juga berhubungan dengan sirkulasi. Sehingga fungsinya tidak jauh dari bagian sirkulasi udara lain yaitu pintu, jendela dan ventilasi.

“Jika pintu dan jendela berfungsi memasukkan udara, plafon bertugas untuk menahan, dengan mengikat udara agar tetap berada dalam bangunan,” ujarnya pada MuriaNewsCom.

Sirkulasi udara yang lancar menjadi kunci menciptakan suhu bangunan yang sejuk. Agar sirkulasi udara dapat berfungsi maksimal, perhatikan tinggi plafon. Usahakan, sesuai standar memiliki tinggi antara 2,8 hingga 3,8 m. Namun ketinggian plafon hanya sebagai faktor penentu. Pemilihan bentuk plafon dan ventilasi sekeliling harus sesuai.

“Pilih jenis plafon yang tidak menghambat aliran udara. Serta posisi ventilasi udara yang masuk dari pintu dan jendela yang searah agar dapat mengalir dan diikat plafon, ” jelasnya.

Untuk plafon dapat berfungsi maksimal, maka kita harus memerhatikan jarak antara lantai dan batas plafon. Jarak inilah yang dapat mempengaruhi suhu dalam ruang, tapi bukan berarti plafon yang tinggi menjamin kesejukan suhu alam rumah.

Faktor penentunya adalah sirkulasi udara yang lancar. Ketinggian plafon hanyalah salah satu syarat yang dapat menciptakan sirkulasi udara yang lancar.
Tambahkan pula celah yang cukup antara plafon dan rangka atap. Melalui celah ini udara yang terperangkap dalam plafon dapat mengalir keluar bangunan dan pada malam hari pun suhu dalam ruang tetap terasa sejuk. Sementara siang hari udara juga dapat mengalir keluar sehingga tidak panas. (AYU KHAZMI/AKROM HAZAMI)

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

Ssst….! Rumah Dinas Wabup Grobogan Mulai Dibenahi, Siapa yang Bakal Menempati?

Selengkapnya →